Ketika Kuliah di Universitas Terbuka Kamu Masih Merasa Kesepian, Berorganisasilah.

/
0 Comments
Sedih sekali melihat post blog ini terakhir tanggal 12 januari lalu, itupun satu-satunya tulisan yang aku post pada bulan januari dan berarti aku mulai tidak rajin menulis alias males, aku mulai fakir kata-kata, fakir kalimat dan fakir paragraf, duuuh ileeeh.

Agar bulan februari ada post yang masuk di blog ini, setidaknya satu tulisan, akhirnya kuputuskan untuk mengepost tulisan ini, btw bulan februari berakhir beberapa hari lagi ya... uccchhh cepet banget.

POST INI AKAN SEDIKIT PANJANG, AMBIL CEMILAN... LUPAKAN CEPULUH, eh..

Minggu lalu, tepatnya tanggal 18-19 Februari, kami, team Sukma, mengikuti kegiatan OSMB di UPBJJ UT Jakarta. Apa itu Sukma ?

Sukma adalah Suara Kreatifitas Mahasiswa aka persma-nya Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Jakarta, yang tergolong sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Banyak yaa singkatannya.. yaa iyaa dong.. biar kece 😂

Nah setelah acara OSMB tersebut, biasanya kita ngajak dedek-dedek mahasiswa baru alias maba buat ikutan join Sukma. Bukan cuma UKM yang rekrutin para maba untuk masuk organisasinya, ada juga kelompok belajar (pokjar).Minggu lalu, tepatnya tanggal 18 dan 19 Februari kami team SUKMA ( Suara Kreativitas Mahasiswa ) Universitas Terbuka mengikuti kegiatan pengenalan dan perekrutan anggota baru untuk Pokjar dan UKM di Universitas Terbuka UPBJJ Jakarta dalam rangka Masa Orientasi Mahasiswa Baru atau OSMB.

Hiruk pikuk UPBJJ UT Jakarta sudah terlihat sejak pagi ketika acara OSMB itu berlangsung. Para maba langsung mengikuti kegiatan OSMB di ruang aula lantai 4 UPBJJ UT Jakarta. 

Sementara dilorong lantai dasar UPBJJ UT Jakarta, persiapan pokjar dan UKM tidak kalah sibuk. Total ada 13 Pokjar dan UKM yang ada di UPBJJ UT Jakarta, termasuk Sukma.

Sukma mewadahi kegiatan mahasiswa di bidang jurnalik. Para mahasiswa yang gemar jurnalistik dan fotografi dapat menyalurkan hobi, bakat maupun aspirasinya di SUKMA. Jadi bagi mahasiswa yang penasaran terhadap apa itu jurnalistik, apa itu Sukma, kami menyediakan ruang untuk mereka-mereka yang mau belajar dan berbagi ilmu serta pengalaman seputar bidang jurnalistik, baik itu menulis atau fotografi, dengan kami di Sukma.

Berkostum hitam merah serupa logo Sukma, kami optimis, Sukma akan kembali berjaya. Menjadi salah satu UKM yang tidak dipandang sebelah mata, mengulang masa kejayaan Sukma beberapa tahun silam. 

Disamping itu, Sukma menekankan untuk saling menyemangati antarmahasiswa Universitas Terbuka. Seperti yang sering didengar, muncul isu-isu tentang Universitas Terbuka, misalnya, masuk gampang keluar susah. Seringkali isu itu membuat mahasiswa menjadi tidak semangat.
Nah, kembali ke OSMB....

Hujan deras menghiasi acara OSMB kali ini. Tapi, karena kita terlampau semangat, hujan  bukan penghalang bagi kami. Buktinya acara perkenalan pokjar dan ukm tetap berjalan lancar dan meraih eh meriah 😂. Alhamdulillah.....
BTW, Kamu tahu lirik dibawah ini ?

Kita tetap butuh ruang sendiri..
Untuk tetap menghargai oh rasanya sepi..

Yap, Lirik lagu Tulus yang berjudul Ruang Sendiri. Tapi kalau kesepian terus bagaimana ya ? Nah, untuk mahasiswa UT yang notabene kuliahnya lebih sering online ,ada baiknya kamu memilih salah satu pokjar atau ukm loh.

Karena di dalamnya kamu bisa belajar berorganisasi dan mempunyai banyak teman. Kendati kamu tidak mahir atau masih ambigu dengan kegiatan pokjar dan ukm yang kamu ikuti, tapi percayalah kamu tidak akan merasa kesepian, karena whatsapp groupmu akan selalu ramai. Kalau kamu lagi sibuk atau malas nimbrungin group itu, saat kamu udah gak sibuk, coba deh kamu bisa scroll-scroll percakapan group itu. Pasti ada deh salah satu informasi yang bermanfaat buat kamu. Nah tandanya group itu ada faedahnya kan 😆

Ada banyak kok pokjar dan ukm di UT yang akan menuntunmu untuk berorganisasi dan memberikanmu banyak relasi. 
Kalau kamu si anak alam yang suka petualang,  maka kamu bisa bergabung dengan UKM Kempala UT.
Kalau kamu ambil jurusan hukum, kamu bisa gabung dengan pokjar Forsih atau Komasum.
Kalau kamu ingin menjadi mahasiswa aktif, cari teman dari berbagai jurusan lainnya, kamu bisa join dengan Kompak.
Atau kamu suka dengan kegiatan bela negara ? Kamu bisa ikut Menwa.
Kalau kamu anak akuntansi kamu bisa bergabung bersama Kontan.
Dan kalau kamu suka dengan jurnalistik kamu bisa bergabung bersama kami di Sukma....

Sebenarnya masih banyak pokjar dan ukm di UPBJJ UT Jakarta yang bisa kamu ikuti. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa datang langsung pas kegiatan OSMB karena bakal berjajar rapi semua pokjar dan UKM disana. 
Selain itu kamu juga bisa hubungi pegawai UT bagian kemahasiswaan, tanyakan perihal pokjar dan UKM, kalau tidak tau tutuk bae... ( bahasa jawa artinya pukul saja ) kwkwkwkw....
Dilansir dari isigood.com, berikut beberapa keuntungan dari berorganisasi :
1. Berorganisasi dapat mengasah soft skill,
2. Berorganisasi dapat memperluas jaringan
3. Berorganisasi itu mewadahi minat, mempertajam bakat,
4. Berorganisasi dapat putting theory into practice ( mempraktekan theory ),
5. Berorganisasi dapat peduli terhadap lingkungan sosial,
6. Berorganisasi dapat menambah nilai CV mu,
7. Berorganisasi itu mungkin bisa mempertemukanmu dengan jodoh.

Yang nomer 7 makjleb yaah, yuhu..... buat kamu yang kuliah di UT tapi bingung, gak ada teman, ketinggalan informasim mungkin kamu kurang makan nasi uduk. Eh kurang berorganisasi...




You may also like

No comments: