Universitas Terbuka, Universitas Negeri yang Masih Dipandang Sebelah Mata. Beginilah Kegiatan Mahasiswanya

/
0 Comments
" Kamu kuliah dimana ? "
" di Universitas Terbuka, lebih dikenal UT sih. "
" UT ? dimana itu UT ? Tempat Kuliah? "
" Hellawwww....  Jangan suka ketinggalan zaman deh engga tahu Universitas Negeri yang punya unit belajar hampir diseluruh Indonesia."
" Oh, Terbuka jadi gak punya gedung ya?"
"Tuhkan masih kudet." Gue ketawa jahat hahahaa......

Universitas terbuka adalah perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia, Universitas Terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan UT adalah universitas yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih UT mampu memberikan pendidikan tanpa mengenal jarak, tempat serta usia mahasiswanya.

UT memiliki kantor pusat yang ekslusif dengan segala fasilitas penunjangnya di Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe Jakarta Selatan, namun sayang gedung dengan luas tanah keseluruhan komplek UT pusat yang 15,6 hektar itu hanya digunakan untuk staff UT dalam usahanya mengakomodir segala urusan dalam 37 UPBJJ ( Unit Program Belajar Jarak Jauh ) yang tersebar di hampir seluruh Indonesia, jadi untuk kalian yang ingin merasakan bagaimana kuliah di UT tidak usah jauh-jauh ke Jakarta karena sudah ada UPBJJ di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Bahkan luar negri juga ada loh.

UT sendiri adalah Universitas paling fleksibel sehingga jangkauan UT lebih mengerucut kepada para karyawan yang sudah bekerja dan para guru yang dituntut menyelesaikan studi sarjananya. Eitsss tapi jangan salah, di UT banyak juga kok yang memang hanya fokus pada kuliahnya dan tentu setiap tahun selalu menerima mahasiswa-mahasiswa dari SBMPTN dan bidik misi loh, yaiyalah PTN. Lalu bagaimana dengan kegiatan mahasiswanya?

1. Kerja




Yaps, kegiatan utama mahasiswanya adalah bekerja. Sebagai universitas yang didominasi oleh para pekerja maka kegiatan mahasiswanya yang utama adalah bekerja. 
" Kamu Kerja ? "
" Iya "
" Kuliah Juga "
" Iya "
" Emang gak capek "
" Engga, kita kan strong "

2. Membaca




Resiko terbesar kebanyakan mahasiswa yang memilih kuliah sembari bekerja adalah sering merasakan pusing, haha....  Pada banyak kegiatan mahasiswa pada level ini sering mencuri-curi waktu untuk membaca, terlebih di Universitas Terbuka hanya memiliki waktu 8 inisiasi atau sekitar 2 bulan pembelajaran formal, sebelum tuton (Tutorial Online ) dimulai mahasiswa harusnya sudah siap memasang kuda-kuda (aka : belajar).

Kami biasa menyebut dosen dengan sebutan Tutor, kegiatan tutorial bisa online dan tatap muka.


3. Social Media Addict





Sebagai Universitas yang memanfaatkan perkembangan teknologi dalam sistem pendidikannya, maka mahasiswa UT dilarang kudet (kurang update). Selain kalian harus responsif, kalian juga harus lebih aktif dalam usaha-usaha persiapan kemerdekaan eh, usaha-usaha menambah wawasan maksudnya. Salah satunya adalah dengan gabung di pokjar ( kelompok belajar ) atau grup social media, disini kalian bisa terhubung dengan mahasiswa-mahasiswa UT di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, saling tukar informasi dan saling mencintai.


4. Berbagi



Di kampus kalian mahasiswanya anak muda yang wangi dan menor ? Ah... biasa banget.

Di UT dong, kalian tidak perlu heran jika nanti kalian menemui mahasiswa UT yang sudah sepuh dengan motivasi belajar yang masih selangit. Di UT kalian bisa belajar tentang pengalaman hidup dan relasi kerja. 


5. Organisasi


Di kampus kalian mahasiswanya anak muda yang wangi dan menor ? Ah... biasa banget.


Di UT dong, kalian tidak perlu heran jika nanti kalian menemui mahasiswa UT yang sudah sepuh dengan motivasi belajar yang masih selangit. Di UT kalian bisa belajar tentang pengalaman hidup dan relasi kerja. 



photo : mbah google.



You may also like

No comments: