Ngomongin Media Sosial

/
0 Comments
Sabtu, 27 November 2016 pukul 08.30 saya sudah berada dilobi UPBJJ Jakarta yang terletak dijalan ahmad yani No. 43, hari ini tepat pukul 09.00 WIB bertempat diaula UPBJJ Jakarta akan diadakan suatu kegiatan seminar dengan tema “Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial” acara seminar ini digagas oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kreatifitas Mahasiswa atau biasa disebut LPM Sukma, saya memutuskan untuk hadir dikegiatan ini karena selain tema seminar tersebut menarik untuk diikuti juga karena hari ini libur kerja, Yipiiiiiii libur meeeeeen.
            Acara dibuka oleh teh Anastasia Elsa Budiyanti, S.S yang merupakan ketua umum LPM Sukma dan merupakan alumnus Universitas Terbuka yang menyandang predikat “cumlaude” proud of you teh. Prok prok prok... selain seminar dengan mendatangkan narasumber Kak Danar Gumilang seorang Penyiar radio delta fm, host tv dan MC ini mendatangkan pula Kasubid Teknologi IKA-UT (Ikatan Alumni Universitas Terbuka) yakni Ibu Cindy Sylvia Hadi. Keduanya sama-sama membahas bagaimana kita harus menggunakan media sosial dengan cerdas dan bijak.
            Media sosial adalah sebuah sarana komunikasi menggunakan jaringan internet, zaman yang sudah semakin canggih sangat memungkinkan kita untuk mengakses internet dimanapun berada dan mempergunakannya untuk membuka media sosial pun mencari informasi yang tengah dibutuhkan, informasi melalui internet dapat sangat cepat menyebar dengan mudah, maka dari itu sebagai anak muda kita dituntut untuk mencari informasi dan menyebarkan informasi dengan benar, benar disini adalah sesuai fakta. Seringkali hoax sangat mudah ditemukan didunia maya, maka fakta adalah suatu pembenaran yang tak terbantahkan.
            Keberadaan sosial media ditengah masyarakat sudah tentu berdampingan dengan dampak positif dan dampak negatif disisi-sisinya. Saya sudah sempat menulis betapa media sosial dapat sangat berperan positif dalam membangun tali silaturahmi antar anggota IKABA ( Ikatan Keluarga Alumni ) SMKN 1 Padaherangg disini. Dampak positif beberapa diantaranya adalah informasi cepat dan mudah serta membantu menemukan dan menjalin relationship sedangkan dampak negatifnya antara lain adalah lupa waktu, informasi tidak sehat, dan acuh terhadap lingkungan sekitar.
            Facebook, Twitter, Whatsapp, Line, Instagram, Linkdin, Path adalah beberapa media sosial yang dapat dengan mudah ditemukan dan didownload baik dari google play maupun ditoko-toko aplikasi lainnya dan hampir setiap orang tidak luput dari menggunakan beberapa media sosial diatas dalam kehidupan sehari-harinya, Facebook yang menurut statistika memuncaki urutan pertama media sosial dengan paling sering dan banyak digunakan di Indonesia menjadi sangat tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, bahkan banyak dari beberapa anak sekolah dasar sudah mahir menggunakan Facebook, hal ini yang barangkali perlu diperhatikan bahwa sekali lagi kita harus menekankan untuk senantiasa cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial, karena apa yang kita bagikan terkadang mempengaruhi pengguna lain di media sosial, perlu penyaringan yang efektif terhadap apa yang akan kita bagikan didunia maya untuk mengurangi kegiatan atau aktifitas yang memicu tindak kejahatan seperti menyebarkan berita yang tidak sesuai dan bertutur secara tidak sopan, selain Undang-undang ITE yang dapat menyergap siapapun yang menggunakan media sosial dengan tidak elegan, Hukuman dari norma kesopanan pun sangat mudah didapatkan dari masyarakat yang aktif dimedia sosial dengan ditemukannya berbagai macam bullying jika seseorang melakukan kesalahan atau menulis dan bertindak secara kebablasan didunia maya.

Cheersss serius amat yaaak .....

Nah, sebagai anak muda alangkah lebih baiknya mari mulai dari sekarang cek ulang apa yang akan kita bagikan serta cerdas dan bijak menggunakan sosial media. See You...


Eh, foto duluuuuuuuuuuuuuu.....










You may also like

No comments: